Skip to content

Nabi Isa (Yesus), Nabi Lokal atau Internasional?

Agustus 9, 2008

Assalamu’alaikum Wr Wb. Pak Insan, namaku Linda. Teman cowokku Kristen sering bilang bahwa dalam Islam belum ada jaminan pasti masuk surga, semuanya masih serba insya Allah. Tapi ikut Yesus pasti selamat, karena Yesus adalah Juruselamat dunia. Katanya, asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, dijamin pasti masuk surga. Saya bingung, saya tidak paham tentang ajaran Kristen. Tolong pak, saya tidak mau kehilangan dia, tapi saya juga tidak mau kehilangan aqidah saya.

Jawab oleh Bpk H. Insan Mokoginta:

Wa’alaikumussalam Wr Wb.

Mba Linda, memang tidak ada jaminan semua orang yang beragama Islam ”pasti” masuk surga, karena untuk masuk surga ada persyaratannya, diantaranya harus beriman, bertaqwa dan beramal soleh serta taat kepada Allah dan Rasul-Nya.

”Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya” (Qs 2 Al Baqarah 82)

”Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun” (Qs 4 An Nisaa 124)

Dan dalam ayat lain Allah swt berfirman :

”Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam syurga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar” (Qs 4 An Nisaa 13)

Dalam Alkitab / Bibel kata-kata masuk surga memang ada, tapi tidak ada jaminan ”pasti masuk surga”. Yesus bersabda :

”Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga” (Matius 7:21)

Maksud ayat tersebut yaitu bila ingin masuk surga, maka lakukanlah apa yang diperintahkan Allah. Jadi percaya saja tidak ada jaminan ”pasti” masuk surga, tapi harus ada amal perbuatan yang disertai iman kepadaNya.

”Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati” (Yakobus 2:17)

Dari bunyi ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa iman saja tidak cukup tanpa amal soleh. Jadi orang Kristen yang memastikan ”dijamin pasti masuk surga” sama sekali tidak punya dalil. Justru dalam Alkitab ada ayat yang melarang memastikan sesuatu yang belum tentu terjadi, kecuali dengan menyebut Insya Allah.

Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: “Insya Allah (Jika Tuhan menghendakinya), kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.” (Yakobus 4:13-15)

Selanjutnya, apakah benar Yesus Juruselamat dunia? Memang ada ayat yang menyebutkan seperti itu, tapi itu bukan kesaksian Yesus, tapi dari orang lain. Perhatikan ayat-ayat dibawah ini :

dan mereka berkata kepada perempuan itu: “Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kau katakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah (Yesus) benar-benar Juruselamat dunia.” (Yohanes 4:42)

Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. (1 Yoh 4:14)

Kata ”mereka” dan kata ”kami” pada kedua ayat tersebut di atas, menunjukkan bahwa ayat itu bukan ucapan Yesus, tapi berasal dari orang lain yang tidak jelas. Oleh sebab itu ayat tersebut sangat lemah. Al Qur`an menjelaskan bahwa Yesus (Nabi Isa as) diutus hanya untuk kaumnya saja yaitu Bani Israil.

”Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil. Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil…” (Qs 3 Aali Imraan 48-49)

Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya nikmat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani lsrail (Qs 43Az Zuhkruf 59)

Kesaksian Al Qur`an tersebut ternyata tertulis di dalam Alkitab / Bible :

”Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikan-Nya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang Israel, yaitu Yesus” (Kis 13:23)

Berdasarkan ayat tersebut maka kita berani ambil kesimpulan bahwa Yesus benar seorang juruselamat, tapi sayang, beliau hanyalah juruselamat untuk orang Israel saja, bukan untuk dunia. Hal ini dikuatkan dengan kesaksian Yesus sendiri sbb :

“Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)

Yesus tidak mungkin berbohong mengatakan yang bukan haknya, karena dia tahu dan dia juga mengajarkan kepada kaumnya dengan menggunakan Perjanjian Lama, bahwa juruselamat untuk semua manusia hanyalah Allah swt. Perhatikan ayat-ayat Alkitab sbb :

Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. (Yesaya 43:11)

Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku! (Yesaya 45:21)

Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal Allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku. (Hosea 13:4)

Dari berbagai ayat Al Qur`an dan Alkitab / Bibel, sangat jelas bahwa Yesus (nabi Isa as) adalah juruselamat hanya untuk kaumnya saja, bukan juruselamat untuk seluruh dunia, karena beliau benar-benar diutus hanya untuk Bani Israil saja. Bahkan Indonesia termasuk salah satu wilayah atau negara yang dilarang oleh Yesus untuk diberitakan Injil.

“Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia. Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka” (Kis 16:6)

Karena Indonesia termasuk wilayah Asia, maka Indonesia termasuk salah satu negara yang dilarang oleh Yesus untuk diberitakan Injil. Maka sangat jelas bahwa Yesus hanyalah seorang rasul yang diutus untuk kaumnya saja yaitu Bani Israil, bukan untuk seluruh dunia, dan periodenya juga sudah selesai dan telah digantikan oleh nabi terakhir yaitu Muhammad saw.

Karena itu kami sarankan, janganlah terpengaruh dengannya, sebab jika mba Linda sampai murtad masuk Kristen, maka mba akan mendapatkan 3 kerugian, yaitu

1. Meninggalkan Nabi Muhammad saw

2.Dikira menjadi pengikut Yesus, padahal menjadi pengikut Paulus

3. Dikira bakal masuk surga, padahal masuk neraka!

Tapi jika dia masuk Islam, maka dia akan memperoleh 3 keuntungan yaitu :

1. Menjadi pengikut Nabi Muhammad saw

2. Tidak meninggalkan Yesus, bahkan menjadi pengikut Yesus dalam arti yang sesungguhnya karena Yesus adalah Nabi Isa as, Nabi kita umat Islam juga.

3. Dengan masuknya ke dalam Islam (Muallaf), dosa-dosanya yang lampau diampuni-Nya, dan insya Allah dijaminan masuk surga.

Oleh sebab itu, jika mba tidak mau aqidah hilang dan tidak mau kehilangan dia, maka jalan satu-satunya ajak dia masuk Islam. Sebab dengan masuknya dia ke dalam agama Islam, insya Allah dia akan mendapatkan 3 keuntungan tersebut.

Kata Rasulullah saw, jika karena dakwah kalian orang mendapat hidayah masuk Islam, niscaya pahalanya bagaikan langit, bumi dan isinya. Maksudnya pahalanya sangat besar sekali. Mudah-mudahan mba bisa meraih pahala yang besar seperti itu.

Benarkah jika percaya Yesus sebagai Tuhan, dijamin pasti selamat?? (nantikan jawaban berikutnya) [www.suara-islam.com]

13 Komentar leave one →
  1. irsyad permalink
    Agustus 10, 2008 7:24 am

    yah…. enak banget jadi orang kristen ya…! tapi kenapa ya mreka tetap aja ke gereja, baca alkitabnya ya… ibadahlah. padahal mereka sudah dijamin masuk surga (kayak nabi aja… hehehe…)
    yang pentingkan percaya kalau yesus itu tuhan, jadi hidup anda, usaha anda, ibadah anda tidak ad gunanya sama sekali. kenapa? anda tidak melakukannyapun pasti masuk surga. ya to….
    jadi intinya, to All cristians, mulai sekarang dan seterusnya, berfoya-foyalah didunia. puaskanlah nafsu anda didunia. mencuri, merampok, memperkosa, membunuh, terus…..apalagi ya yang dilanggar akan dihukum, itu semua bebas anda lakukan. kenapa? jawabannya guampang sekali.anak kecil aja tahu.KARENA ANDAN SUDAH DIJAMIN MASUK SURGA.
    hehe…. mungkin Tuhan menggerutu juga kali ya….
    “Surganya mbahmu opo…. mlebu sak penakmu dewe (surganya kakekmu apa, masuk seenaknya sendiri). heheheh….”
    hehe…. kenapa sih mbak… mbak mau ama orang geblek. padahal saya juga orang baik lho….. hehehehee……
    Allohukbar, Allohussomad, Allohuahad….

  2. setan permalink
    Agustus 26, 2008 4:51 am

    OOOOOO

  3. mochamad usuf permalink
    September 8, 2008 8:04 am

    saran saya mbak sudahlah….lepaskan saja dia, orang muslim yang jahat lebih baik daripada orang non yang baik….percayalah mbak, salah satu strategi kristenisasi adalah lewat jalan pacaran…buktinya telah anda rasakan dengan diskusi kecil macam itu……tapi itu hanya saran, semua tergantung pada anda lagi, semoga ALLAH melindungi kita semua dari Hal – hal yang anda alami( baca : Kristenisasi )..amin

  4. ray permalink
    Oktober 5, 2008 1:26 pm

    Tidak segampang dan sesimple itu anda gambarkan Kristen, karena jika ikut Kristus kita harus pikul kuk yg Krisatus berikan..Salah satu contohnya skr ini, baru minta saran sudah dihujat.Kenapa anda2 tidak beri komentar kepada mba Linda dengan kasih dan lembut..Sperti inikah tipe org2 yg katanya beragama yg mau mengajak, menyakinkan org spt mba Linda..

    Buat mba Linda, anda tidak perlu memeluk agama kristen untuk, medapatkan pacar anda, karena Yesus tidak membawa agama kebumi, tapi keselamatan. Kristen adalah wadah untuk kita yg pcy pada Kristus, mengucapkan syukur karena penyelamatan yg telah Kristus nyatakan pada kita. Suatu saat anda akan mengerti apa maksud saya…Tp yg penting adalah terimalah Yesus sebagai Tuhan dan Juru slamatmu scr pribadi skrg. Undang dia dalam doa anda dan uji Dia dg permintaan doa anda… Buktikan apakah dia Tuhan atau tidak…. Tuhan memberkati

  5. ray permalink
    Oktober 5, 2008 1:27 pm

    Tidak segampang dan sesimple itu anda gambarkan Kristen, karena ikut Kristus kita harus pikul kuk yg Kristus berikan..Salah satu contohnya yaa skr ini, baru minta saran sudah dihujat.Kenapa anda2 tidak beri komentar kepada mba Linda dengan kasih dan lembut..Sperti inikah tipe org2 yg katanya beragama yg mau mengajak, menyakinkan org spt mba Linda..

    Buat mba Linda, anda tidak perlu memeluk agama kristen untuk, medapatkan pacar anda, karena Yesus tidak membawa agama kebumi, tapi keselamatan. Kristen adalah wadah untuk kita yg pcy pada Kristus, mengucapkan syukur karena penyelamatan yg telah Kristus nyatakan pada kita. Suatu saat anda akan mengerti apa maksud saya…Tp yg penting adalah terimalah Yesus sebagai Tuhan dan Juru slamatmu scr pribadi skrg. Undang dia dalam doa anda dan uji Dia dg permintaan doa anda… Buktikan apakah dia Tuhan atau tidak…. Tuhan memberkati

  6. pengayau permalink
    Oktober 6, 2008 1:08 pm

    Semua tergantung dari mba saja, Hei!!!!!!!!!!!! bung Irsyad. lu jangan mancing-mancing pertikaiaan ya!!!!!!!!! hati-hati kalau bicara bung, tar bisa melayang lu punya bacot. kalau ngomentari orang jangan menjelek-jelekan agama orang, kaya agama lu tu ja yang palng benar. apa ga tahu malu lu, baca yang dibawah ini, ngaca donk!!!!!!!!
    Tapi jika dia masuk Islam, maka dia akan memperoleh 3 keuntungan yaitu :
    1. Menjadi pengikut Nabi Muhammad saw

    2. Tidak meninggalkan Yesus, bahkan menjadi pengikut Yesus dalam arti yang sesungguhnya karena Yesus adalah Nabi Isa as, Nabi kita umat Islam juga.

    3. Dengan masuknya ke dalam Islam (Muallaf), dosa-dosanya yang lampau diampuni-Nya, dan insya Allah dijaminan masuk surga.
    baca yang no 2, buktinya orang muslim juga mengakui yesus itu adalah isa dan juru selamat.
    apa ga salah tulis lu, justru orang-orang muslim yang selama ini buat onar kan??????????? liat kaya ormas muslim (FPI) sok-sokkan kaya dia yang paling berkuasa dan pengendali keamanan di Indonesia ini, ngaca donk!!!!!!!!! liat ulah-ulah dan akibat-akibat yang dilakukan FPI tu ga ada yang beres bung. kalo emang mereka ngerti agama tu ga perlu dibela-bela bung. ingat juga, udah banyak yang pindah agama
    masuk kristen, kaya pemimpin FPI yang dari jatim tu. asal lu
    tahu bung, air jam-jam tu ga ada. yang kalian bangga-banggakan tu hanyalah air sumur yang ada di Arab Saudi. Kasian,,,,,,,,,,,,,,,,dech lu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  7. dansus88 permalink
    Oktober 17, 2008 9:34 am

    Hey jangan bertengkar, salam Admin, memang betul pemberian komentar didunia web boleh2 saja dan juga dianjurkan, segala bentuk komentar sah2 aja dipublikasikan, itu adalah hak anda dan para pemberi komentar.. ia toh, namun jangan memposisikan suatu golongan atau agama tertentu ke posisi terburuk. cukup bilang ia begini, ia begitu.. kirim via email, kan ada email dari pengirim berita, trz apa guna nya nama email di tab komentar… nah saya netral aja, jgn ada pertikaian.. coba anda renungi semua kenapa Tuhan menciptakan begitu banyak agama didunia ini? kenapa dia tidak menghancurkan dan membumi hanguskan agama yang salah tersebut.. ayohhh siapa bisa jawab? Nah karena Tuhan Itu Baik dan Sangat panjang Sabar, dia merencanakan sesuatu yang saya maupun anda tidak akan tahu tapi itu baik untuk anda dan untuk saya, lalu mengapakah kamu bertengkar. Dia tidak meninginkan kematian orang fasik/berdosa namun pertobatannya dari orang tersebutlah yang Dia inginkan. Sama seperti Tuhan membuat beraneka ragam Bahasa dan Budaya, apakah anda tahu sebelum anda lahir kedunia ini anda akan diletakkan di negara ini? Tidak bukan.. Namun ujungnya adalah satu nantinya.. Ya, kembali kepada Dia, menjadi rakyat di Kerajaan nya yang patuh, tidak iri pokok e bersih murni dan menyembah dia. Yesus kedunia tidak membawa agama, istilah kristen adalah istilah untuk pengikutnya (Jesus Christ=Crist ian=Kristen) Dalam Injil(Matius,Markus,Lukas,Yohanes) Dia (Yesus) adalah “Jembatan” antara jiwa anda dan Kerajaan Tuhan dimana sungainya adalah dosa anda sendiri. Dia berkata barangsiapa yang hendak kesorga adalah melalui Aku, Tentu tidak dasar itu saja anda masuk ke sorga. namun oleh karna iman andalah yang membuat “jembatan” itu ada dan nampak nantinya.. Boleh saja anda Budha/Hindu/Konghucu/Islam atau Kristenpun klo perbuatan dan imannya salah yah ga masuk surga toh.. dan boleh saja seluruh agama percaya akan agamanya itu benar(pribadi diri anda sendiri) namun percaya bahwa Dia-lah sang “Jembatan” penyelamat itu, terapkan dalam hati dan pikiran anda.Mari jadikan negara indonesia negara ideal untuk hidup dan aman untuk menerima keaneka ragaman.dan sekali lagi saya berusaha netral dan berusaha memperbaiki kata2 yang salah dari teman2 semua. Salam dan semoga membantu.

    Terima kasih… Saya sangat menghargainya.. Sekali lagi terima kasih, Tolong menolong dan saling mengingatkan dalam kebaikan akan mendatangkan manfaat yang baik.🙂

  8. Oktober 17, 2008 12:57 pm

    Assalamualikum..buat Admin tolong jg buk line komentar..jika dibiarin nani tambah ricuh.
    Thanks

  9. Adi permalink
    Oktober 17, 2008 1:54 pm

    buat pengayau…lo juga jangan asal jeplak kalo ngomong…
    lo liat kerjaan israel….ma amerika…ma inggris…ma italia…yang katanya negara penganur yesus juru selamat…selamat mana yang dibawa….tukang perang…pembantai umat manusia….bohong besar …tukang tipu….lo jangan liat di jakarta aja…lo skali-kali main di timor-timur ato ntt…liat disono kaya apa….lo sok baik….sok suci…padahal sesat dan menyesatkan…masa ada tuhan ayah..tuhan ibu…tuhan anak…coba jelasi…dengan logika…masuk akal ga….dasar geblek….pake nalar…pake otak…jangan emosi….dan inget yang ditulis yesus dalam agama kami itu Nabi Isa Alaihi salam yang sekarang masih hidup tidak pernah disalib seperti yesus dalam agama ente….karena yang di salib itu yudas…dasar bego…masa ada kitab suci direvisi…pikir aja…logika ga…makanya baca barnabas…jangan perjanjian lama ma perjanjian baru yang isinya saling centang perenang dan bertentangan antara satu sama yang laen….wakakakakakakak…

  10. silmikaffa permalink
    Oktober 19, 2008 4:21 am

    AWW…
    Ayo,ayo,ayouu… sudah,sudah…

    untuk saudaraku yang Kristen, baca Bible-nya;

    Untuk saudaraku yang muslim, banyak2lah tadabbur…

    Untuk teteh Linda (dan yg serupanya), masa’ sih Alläh kalah sama teman cowok mu itu. Buktikan cintamu kepada Ar-Rahman diatas segalanya. Maka Dia akan buktikan kasih sayangNya meliputi segala sesuatu…
    Ini ada pesan dari oom Silmi:
    kita mau murtad kek, kita mau muslim kek, kita mau shalat kek, kita mau mabok kek, sama sekali tidak mengurangi ke-mahabesaran-Nya… tidak mencoreng ke-mahasucian-Nya!
    Lantas, siapa yang merugi, siapa yang beruntung?
    Selamat menjalani ‘ujian’…

  11. silmikaffa permalink
    Oktober 19, 2008 4:28 am

    Oya, lupa, untuk bung Pengayau, betul, air jam-jam itu ga ada. Yang ada air Zam-zam…
    Selamat menjalani ujian!

  12. yogi permalink
    Oktober 19, 2008 2:35 pm

    ya allah,subhanallah…sadarkan lah hamba2 mu!!!air zam-zam itu ada!!!jgn sekali2 anda meragukan ap yg sudah ditulis d alquran,neraka jahanam untuk mu..

  13. truth permalink
    Juni 27, 2009 11:51 pm

    bwt pengayau….
    klo lu gak puas dgn unek2 lu dsini,gw brani ajak lu debat tntg isi kitab lu….
    hahaha….masa ada kitab direvisi,,,ngacoo bgt…
    ngaca woi di dlm kitab lu tu yg skrg ni ada unsur trinitasx,di dlm situ ada pngaruh paganisme(penyembah berhala)…
    bner kan??buktinya lu tiap minggu nyembah patung…telanjang lg….hahaha…..gak masuk anjing tu???eh salah,msuk angin mksudx….wokokokokokokokokokokokok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: